Membuat Simulasi Jaringan Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah simulator jaringan yang biasa digunakan untuk keperluan Pelatihan dan pembelajaran untuk membuat simulasi jaringan, dalam Cisco Packet tracer terdapat beberapa alat bantu belajar seperti Router,dan alat bantu Networking lainnya seperti switch,  dan  HUB sehingga kita bisa membuat simulasi jaringan baik itu WAN, MAN,dan  LAN . Cisco menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip kerja jaringan komputer dan juga membangun skill dibidang alat-alat jaringan .

Program ini dibuat Oleh Cisco Systems perusahaan Global berbidang telekomunikasi yang bermarkas diSan jose, California, Amerika Serikat  ini didirikan pada tahun 1984. Cisco System Inc. ini Menyediakan banyak alat dan pelayanan Komunikasi dan Jaringan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk Cisco routing menawarkan fitur yang terdepan untuk menaikkan kemampuan system, keamanan, kestabilan dan performa yang baik dalam pengiriman data informasi.

Cisco Packet Tracer benar-benar Program yang sangat cocok buat kalian yang bergulat di dunia IT. dengan cisco kalian akan tahu prinsip kerja alat-alat jaringan sehingga saat kalian ingin jaringan yang real kalian akan paham apa fungsi dari alat-jaringan tersebut sehingga kalian tidak bingung lagi. Setelah kalian tahu semua itu kalian pasti ingin punya program Cisco Packet Tracer.

Berikut Cara Membuat Simulasi Jaringan 

  • Open Cisco paket Tracer kalian . Dan mulailah membuat design jaringan kalian sesuai topology yang ada.
  • Pertama tentunya dalam membuat sebuah jaringan kita memerlukan Sebuah Server silahkan masukan Server dengan Memilih End Device atau pintasannya Ctrl + alt + V
  • Setelah itu Masukan dengan Server tersebut dengan menariknya keadalam dengan menahannya dengan Klik Kiri dan letakkan dimana tempat yang tepat.  Setelah itu Masukan tentunya yang bernama PC  yang terletak di bagian End Device dan Switch terletak dibagian Switches.
  • Setelah kalian siapkan semuanya silahkan kalian Hubungkan dengan kabel dan dalam jaringan tentunya kalian tahu Jenis-Jenis Pengkabelan . Tentunya itu kalian semua perlu tahu . contohnya Seperti straight dan Cross .  untuk menghubungkannya silahkan kalian pilih Connections .  karena perangkat diatas berbeda jenis maka kita pilih Straight.
  • Silahkan dihubungkan pertama hubungkan, yang pertama tentunya Switch dengan dengan ketiga PC tersebut dengan klik nama kabelnya terlebih dahulu dan pilih Swichtnya setelah kita memilih Switchnya maka akan kita akan diberikan pilihan dan kita pilih fastethernet0/1 dan sambungkan ke PC0 dan pilih Fastethernet dan begitu terus pasti akan berurutan dari fastethernet0/1 sampai fastethernet0/3 . 
  • Setelah kalian sampai pada tahap ini berarti kalian berhasil menghubungkan ketiga PC  ke Swicth dan selanjutnya tentu saja hubungkan Server ke topologi yang kalian buat . tentunya Server ke Swicth. Gunakan Kabel Straight. dan sekali lagi kalian pilih Fastethernet0/4.
  • Setelah itu semuanya telah terhubung berikan kepada setiap PC sebuah Ip Address tentunya Ipaddres berfungsi sebagai alamat setiap PC akan mudah ditemukan . silahkan kalian klik PC dan pilih Desktop dan Ip Configuration . Setelah itu atur Ipnya masing masing dam berikan Ip Sesuai  Class Ip address.  dan  Subnet Mask  jangan lupa berikan juga Ip kepada Server cara nya Sama dengan Pemberian Ip Ke PC.
  • Begitu seterusnya Dengan PC yang lainnya berikan Ip yang berbeda-beda pada Pc . karena apabila sama, maka PC tidak akan bisa terhubung. Itu di akibatkan karena yang kita pasang sama kita tidak boleh memasang Ip yang sama karena IP itu bersifat seperti petunjuk Rumah kalian dan setiap rumah memiliki Alamat yang berbeda. Setelah kalian berikan Ip silahkan Cek apakah telah tehubung dengan Mengetikan Perintah Jaringan Ping . dengan kembali lagi ke Server . Dan Pilih Desktop lalu pilih Command Prompt. 
  • Setelah ketik Ping lalu pilih Ip dari salah satu Pc , Disini saya akan memilih Ip pc1 yang beralamat IP 192.168.1.3  jika berhasil maka akan tampil Reply . jika tidak silahkan anda Diagnosa kesalahannya.
Semoga kalian bisa mempraktekannya dan bisa membuat simulasi jaringan yang lebih luas seperti 2 gedung saling terhubung itu adalah hal yang sangat mudah jika kalian memperlajarinya dengan baik. Tingkatkan rasa keingin tahuan anda karena di rasa ingin tahu ada kemauan untuk berhasil . dan yang ingin berhasil dengan sungguh-sungguh tentu saja kalian akan berhasil . oleh squaredeep

About the author

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *